Pages

10CARA AGAR MUDAH MENABUNG

Menabung adalah cara terbaik untuk menyimpan uang, karena dengan cara menabung kita dapat menghemat uang jajan harianKita bisa menyimpan sedikit uang yang dimilik dengan cara menabung, untuk membeli sesuatu yang kita inginkan.

Misalkan kita sebagai pelajar atau mahasiswa menabung untuk cepat membeli hp, membeli komputer, laptop, gadget dan keperluan lainnya. Biasanya cara menabung adalah pilihan yang digunakan untuk anak sekolah atau pelajar untuk membeli hp baru, tanpa harus merepotkan kedua orang tuanya.


Tetapi, tidak semua orang bisa menabung dengan baik walaupun hanya sedikit. Rasanya terlalu sulit untuk menyisihkan uang jajan atau penghasilan yang dimiliki. Padahal dalam menabung, kita tidak perlu menggunakan uang yang besar.

Kita bisa memulai menyimpan sedikit uang jajan atau dengan cara menabung uang jajan sebesar Rp 5000 Ribu Rupiah.

Jika Rp 5000 Ribu Rupiah masih terasa berat, kita bisa menurunkan nominalnya menjadi Rp 1000 Ribu Rupiah. Uang yang tidak terlalu besar, tetapi akan sangat berarti jika telah terkumpul banyak. Dengan cara menabung uang jajan dengan nominal yang tidak terlalu besar, saya rasa semua orang pasti bisa menabung uang agar cepat terkumpul.

Lalu, bagaimana cara menabung dan menyimpan uang yang baik agar cepat terkumpul?


Karena kebutuhan dan keinginan semua orang berbeda-beda, tentunya hal ini kita kembalikan lagi kepada diri sendiri. Untuk apa kita menabung? Apa tujuan kita menabung?. Karena ada alasan dibalik kita menabung, untuk itu mari kita simak bersama yuk guys!


1. Berniat Menabung Untuk Sekedar Disimpan Ataupun Untuk Membeli Sesuatu
Modal awal untuk memulai menabung adalah dengan cara berniat, dengan cara ini kita akan lebih mudah dalam hal menyisihkan uang. Kita niatkan terlebih dahulu tujuannya, untuk apa kita menabung.

Jika ada sesuatu yang ingin dibeli, maka kita harus berniat dengan sungguh-sungguh. Dengan begitu menabung akan menjadi hal yang mudah dan tidaklah sulit.

2. Siapkan Wadah Penyimpanan Uang (Celengan/Toples/Botol Minuman)
Kita cari terlebih dahulu tempat yang cocok untuk menyimpan uang, Kita bisa menggunakan wadah sejenis Celengan/Toples/Botol Minuman. Dengan wadah inilah nantinya uang kita akan tersimpan dengan baik.

Disarankan untuk menggunakan tempat yang transparant. Karena dengan wadah yang transparant, kita bisa menyimpan uang sekaligus bisa memperhatikannya. Karena jika semakin banyak uang didalam wadah yang transparant, itu akan membuat kita semakin bersemangat untuk menabung uang. Sehingga akan ada sedikit uang jajan yang bisa dihemat.

Cara ini cukup ampuh jika dibandingkan dengan menabung menggunakan celengan tertutup, karena kemungkinan kita akan penasaran dengan isinya dan kemudian akan melakukan pencongkelan uang yang telah disimpan.
3. Jika Ingin Membeli Sesuatu Lebih Dari Satu, Carilah Wadah Untuk Menampung Uang Dari Setiap Keinginan Tersebut.
Jika kita ingin membeli sesuatu lebih dari satu, maka kita harus menyiapkan wadah tempat untuk menyimpan uang sesuai dengan keinginan tersebut.

Misalkan kita ingin menabung untuk membeli HP, Membeli Laptop, Membeli Motor, Atau Untuk Modal Menikah. Maka kita harus menyiapkan wadah untuk setiap keinginan tersebut.

Cara ini cukup rumit dan juga bisa membuat kalian menahan keinginan untuk membeli kebutuhan lainnya dan sulit untuk mengatur keuangan. Karena kita tidak akan terfokus pada satu keinginan saja, dan kemungkinan kita akan gagal menabung.
4. Buatlah Daftar Kebutuhan Dan Pengeluaran
Cara ini digunakan untuk memantau aktivitas yang kita lakukan dengan uang milik kita, sehingga setidaknya kita memiliki sisa uang yang bisa disimpan untuk ditabung. Meskipun terlihat terlalu rumit, cara ini bisa digunakan untuk mengatasi lemahnya semangat menabung.

Karena dengan adanya daftar kebutuhan dan pengeluaran, kita bisa melihat sesuatu yang telah kita beli dan uang yang dikeluarkan. Jika mengeluarkan uang dengan berlebihan dan kita melihat hasil daftar catatan pengeluaran, kita bisa sadar dengan apa yang kita perbuat bahwa menghabiskan seluruh uang itu tidak baik.



5. Jangan Terlalu Boros
Dalam hal menabung, bukanlah soal menahan untuk membeli sesuatu. Melainkan cara untuk menyisihkan uang atau penghasilan yang kita punya. Meskipun sulit untuk menahan keinginan untuk melakukan pengeluaran yang berlebihan, tetap kita harus mencobanya.

Kita masih bisa membeli kebutuhan yang kita inginkan, tetapi dengan catatan kita bisa menyimpan sedikit uang agar bisa tersimpan. Dengan begitu, menabung akan terus berjalan meski hanya sedikit.

Atau jika memang benar-benar tidak bisa menahan untuk membeli sesuatu yang lain, targetkan tanggal tertentu untuk membelinya. Sehingga proses menabung kita tidak terganggu dalam mengumpulkan uang untuk membeli sesuatu yang telah ditargetkan dari awal. Misalkan untuk membeli HP atau laptop.
6. Merenung Sejenak Dan Pikirkan Niat Awal Menabung
Cara ini digunakan jika kita telah melakukan pengeluaran yang banyak, sehingga kita malas untuk menabung kembali. Renungkanlah terlebih dahulu tentang niat untuk menabung, berfikirlah positif jika kita bisa menabung dan mendapatkan barang yang kita inginkan.

HP Baru, Laptop Baru, Komputer Baru atau Bahkan Motor Baru. Bayangkan jika kita telah memiliki itu semua dengan uang yang kita tabung, bukankah kita akan sangat senang dan puas?.

Meskipun dalam menabung memerlukan proses yang lama, itu lebih baik. Karena hidup bukanlah tentang sekedar menikmati dunia, tetapi juga menikmati setiap proses yang ada didalamnya. Untuk itu, nikmatilah proses dan kita akan merasa senang dan bahagia.

7. Targetkan Jumlah Uang Yang Ingin Ditabung
Menabung bukanlah sebuah paksaan, melainkan niat tulus diri sendiri dalam mencapai keinginan. Biasanya kita akan terlalu pusing memikirkan berapa banyak uang yang harus ditabung dan yang harus dipakai.

Untuk mengatasi hal itu, kita bisa menargetkan jumlah uang yang ingin ditabung. Sehingga kita masih memiliki uang untuk digunakan membeli kebutuhan yang lain meskipun sedang dalam proses menghemat uang.
8. Titipkan Uang Yang Kita Punya Ke Orang Tua
Saya pikir, semua orang pasti pernah melakukan cara ini. Saya pribadipun sering melakukan hal ini jika ingin membeli sesuatu. Karena orang tua adalah tempat penyimpanan yang aman dan lebih terasa cepat terkumpul.

Cara ini bisa digunakan untuk semua orang, mau itu pelajar, mahasiswa, Pekerja atau Remaja. Katakan kepada orang tua tujuan kita menyimpan uang kepada beliau, Misalkan untuk menikah, untuk membeli rumah, untuk simpanan semata atau untuk membeli Hp. khususnya untuk pelajar, cara ini harus dilakukan.

Karena biasanya, ketika pelajar membutuhkan uang. Dia akan takut meminta uang yang telah di titipkan kepada orang tuanya, sehingga hal tersebut akan menggagalkan niatnya untuk mengambil jatah simpanannya. Atau jika terlalu memaksa untuk mengambil uang, biasanya orang tua harus rela berbohong dengan mengatakan bahwa uangnya sedang dipakai atau tidak ada.

Biasanya orang tua berkata bohong untuk kebaikan anaknya, dan setelah uang terkumpul sudah cukup banyak. Ketika sang anak meminta uangnya kembali, orang tua akan memberikannya. Dengan hal ini orang tua berperan dalam kelancaran proses menabung untuk anaknya.

9.Bukalah Tabungan Rekening Bank
Untuk menabung melalui rekening bank, biasanya kita harus memiliki KTP dan sejumlah uang 500 rb untuk membuka tabungan. Uang yang cukup banyak untuk memulai menabung dengan serius, karena dengan adanya tabungan di bank. Kita bisa menabung kapanpun dan mengambilnya setiap saat.

Dalam menabung di bank, tidak seperti menabung dirumah dan di celengan. Tentunya kita harus mengumpulkan uangnya terlebih dahulu dan barulah kita pergi ke bank. Tidak mungkin kita datang jauh-jauh ke bank tetapi hanya ingin menabung sejumlah uang sebesar 5 rb atau 20 rb rupiah.

Minimal uang yang ditabung adalah 100 rb atau 200 rb, sehingga kemungkinan kita akan dilayani dengan baik. Takutnya mereka malas melayani kita jika kita datang menabung hanya dengan 5 rb rupiah.

Tetapi cara ini masih kurang efektif dalam hal menabung, kemungkinan kita akan malas pergi ketempat bank untuk menyimpan uang, terlebih lagi kita akan mudah mengambilnya dengan mesin ATM. Untuk yang ingin serius menabung menggunakan bank, saya rasa tidak akan terjadi pemborosan dalam menabung di bank.

10. Bekerja Keras
Bekerja keras adalah kunci utama dalam menabung, kita harus selalu berusaha keras untuk mendapatkan uang. Yang nantinya uang tersebut digunakan untuk ditabung. Seberapapun hasilnya, sisihkanlah untuk ditabung. Karena tidak ada hasil yang mengkhianati hasil kerja keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com